Tutorial Mengggunakan Fasilitas Mail Merge Ms. Word Dalam Bentuk Surat Masal
Untuk membuat surat masal pada Ms.Word ada beberapa cara yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut ini:
- Buat template surat yang akan dibuat surat masal.
- Klik menu Mailings pada menu bar,kemudian pilih Select Receipient pada group Start Mail Merge.
- Pada popup menu, pilih Type New List.
- Selanjutnya akan muncul jendela New Address List, klik Customize Columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang sudah kita buat.
- Hapus data yang ada pada Field Name,dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan,kemudian ganti nama Field sesuai dengan data pada surat yang akan kita buat.
- Selanjutnya klik Ok dan pilih Ok lagi pada jendela New Address List.Kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan.Kemudian beri nama database lalu simpan.
- Langkah selanjutnya buka folder dimana database anda disimpan.Database yang tersimpan biasanya mempunyai format Access.
- Isi database sesuai yang anda inginkan dan simpan.
- Selanjutnya buka lembar kerja Ms.Word,dan klik Preview result untuk melihat hasilnya.
- Klik anak panah kekanan atau kekiri pada Preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.
- Selamat mencoba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar