Rabu, 05 Juni 2019

Tutorial Menggunakkan Fasilitas Mail Marge Microsoft Word Dalam Bentuk Surat Masal

Tutorial Mengggunakan Fasilitas Mail Merge Ms. Word Dalam Bentuk Surat Masal

Untuk membuat surat masal pada Ms.Word ada beberapa cara yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut ini:
  1. Buat template surat yang akan dibuat surat masal.
  2. Klik menu Mailings pada menu bar,kemudian pilih Select Receipient pada group Start Mail Merge.
  3. Pada popup menu, pilih Type New List.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela New Address List, klik Customize Columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang sudah kita buat.
  5. Hapus data yang ada pada Field Name,dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan,kemudian ganti nama Field sesuai dengan data pada surat yang akan kita buat.
  6. Selanjutnya klik Ok dan pilih Ok lagi pada jendela New Address List.Kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan.Kemudian beri nama database lalu simpan.
  7. Langkah selanjutnya buka folder dimana database anda disimpan.Database yang tersimpan biasanya mempunyai format Access.
  8. Isi database sesuai yang anda inginkan dan simpan.
  9. Selanjutnya buka lembar kerja Ms.Word,dan klik Preview result untuk melihat hasilnya.
  10. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada Preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.
  11. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar