Rabu, 05 Juni 2019

Drop Cap,Columns,Header&Footer,Clip Art dan Watermark,Page Border,Smart art,Footnote dan Comment

A. Drop Cap 

Drop cap adalah  satu huruf awal teks yang diberi frame,tetapi dilakukan secara otomatis.Langkah -langkah untuk membuat drop cap adalah sebagai berikut:
  1. Letakkan kursor di parafgraf yang akan diberi tatanan drop cap.
  2. Pilih menu format-Drop cap.
  3. Tentukan tatana yang diinginkan,seperti position untuk menentukan posisi drop cap terhadap teks yang lain sesuai dengan bentuk tampilan. 
  •  Font untuk menentukan font drop cap.
  • Line to drop menentukan berapa baris ukuran drop cap relatif terhadap teks lainnya.
  • Diostance from text untuk menentukan jarak antara drop cap dengan teks lainnya lalu klik ok.

B.  Columns 

Microsoft word dapat mengetik dokumen berbentuk model kolom,atau dalam suatu dokumen tersendiri dari pengetikan dengan jumlah kolom yang berbeda.
Untuk
membuat dokumen berbentuk langkah-langkah nya sebagai berikut ini:
  1. Ketik terlebih dahulu dokumen yang akan dibuat.
  2. Setelah selesai diketik,plihlah blok dokumen yang akan dibuat dengan bentuk kolom.
  3. Pilihlah menu format-columns atau klik ikon columns.
  4. Tentukan pilihan kolom yang di inginkan  seperti:
  • Presets untuk menentukan jenis kolom yang diinginkan.
  • Number of columns berapa jumlah kolom yang diinginkan.
  • Line between untuk membuat garis ditengah-tengah kolom.
  • AKlik ok.

C. Header&Footer

Header adalah suatu teks yang tercetak dibagian atas setiap halaman(termasuk nomor halaman).Sedangkan footer tercetak disetiap halaman pada bagian bawah halaman. Langkah-langkah untuk membuat Header&Footer yaitu sebagai berikut ini:
  1. Pilih meneu view-Header and Footer .
  2. Klik header dan footer yang diinginkan,lalu atur nomor halaman,menyisipkan tulisan,tanggal dan jam serta mengatur bentuk header dan footer.
  3. Klik Close jika sudah selesai.

 D. Clipt Art dan Watermark 

     1. Clip Art
langkah langkah untuk membuat clipart yaitu sebagai berikut ini:
  • Klik ganda dokumen Ms Word yang ingin anda sisipi clipart.
  • Klik tab insert di pojok kiri atas pada menu word.
  • Pada bagian Ilustrations klik online pictures.
  • Masukkan kata kunci untuk gambar yang ingin anda temukan,diikuti dengan clipart setelah itu tekan enter.
  • Pilih dokumen yang ingin anda gunakan  di dokumen.
  • Klik insert dibagian bawah jendela untuk menambahkan clipart terpilih pada dokumen word.
     2. Watermark
adalaha teks atau gambar yang muncul di bagian latar dokumen yang berguna untuk menambah daya tarik atau membrikan identitas pada dokumen tersebut.
a. Watermark dari teks
  • Pada Page Layout tab,Pack Background group klik Watremark.
  • Jika ingin menggunakan watremark yang sudah tersedia di galeri seperti teks Confidential atau Do Not Copy klik pada teks tersebut.
  • Jika ingin membuat teks tersendiri klik custom watermark untuk membuka kotak dialog printed watermark.
  • Klik tekt watermark dan lakukan hal berikut ini:
Klik pada kotak di samping Text,ketik teks yang diinginkan.
Atur format pada Font(jenis font),Size(ukuran),Color(warna).
Atur Layout watermark.
Klik ok bila sudah selesai.
b. Watermark dari gambar
  • Pada Page Layout tab,Page Background group klik Watermark.
  • Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
  • Klik Picture Watermark dan kemudian  klik Select Picture.
  • Pilih gambar yang diinginkan dan kemudian klik Insert.
  • Atur peresntase ukuran gambar pada Scale.
  • Centang kotak Washout agar warna gambar lebih teransparan sehingga tidak menggangu teks pada dokumen.
  • Klik ok jika sudah selesai.

E. Page Border 

1. Pada menu Page Layout klik Page Border
2. Pada Border and Shading klik Page Border lalu pilih setting kemudian pilih bentuk yang diinginkan.
3. Klik Styles lalu pilih gaya Page Border yang diinginkan.
4. Klik Color untuk mewarnai Page Border.
5. Klik Width untuk memilih ukuran Page Border.
6. Jika sudah selesai klik ok

F. Smart Art 

1. Pada  menu Insert pilih Smart Art.
2. Kemudian pilih bentuk Smart art yang ingin digunkan. jika sudah selesai klik ok

G. Footnote dan Coment

Footnote adalah catatan kaki dalam dokumen yang biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok bahasan dalam dokumen,untuk memperjelas maksud dokumen atau mnerangkan sumbernya.
Langkah-langkah untuk membuat footnote adalah sebagai berikut ini:
  1. Letakan kursor ketempat tanda footnote yang akan diletakkan.
  2. Pilih menu Insert-Footnote.
  3. Tentukan pilihan footnote yang kan digunakan,seperti:
  • Footnote,dokumen footnote akan disimpan setiap akhir halaman.
  • Endnote,dokumen footnote akan disimpan setiap dokumen.
  • AutoNumber,jenis footnote dapat berupa angka.
  • Custom mark,jenis footnote berupa syimbol atau karakter khusus.
  • Klik ok
Coment adalah cara untuk memberikan komentar terhadap penulisan huruf maupun angka yang salah .
Langkah-langkah untuk melakukan coment adalah sebagai berikut ini:
  1. Blok terlebih dahulu huruf atau angka yang ingin di coment.
  2. Pada menu Review klik New Coment kemudian tuliskan komentar yang ingin dimasukkan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar