A. Menu Microsoft Word
Tabs Menu adalah bagian dari quik access yang terdapat pada microsoft word dimana menu tersebut difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat digunakan ketika sedang membuat dokmen teks atau gambar.
B. Fungsi Menu Ms Word 2010
1. Menu File
- Save untuk menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer.
- Save As untuk menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format seperti PDF,Doc,Dot,Html,xml dan format lainnya.
- Open untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010.
- Close untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan.
- Info untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang dibuat.
- Recent untuk melihat informasi dokumen yang telah dikerjakan sebelumnya.
- New untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010.
- Print untuk menampilkan informasi dokumen yang akan diprint dan kita bisa juga mengatur setelan print out yang diingkan.
- Save& Send untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang dibuat.
- Help untuk menampilkan bantuan-bantuan yang terdapat di office word 2010.
- Options untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010,seperti display,theme,font default dll.
- Exit untuk keluar dari aplikasi word 2010.
2. Menu Home
- Paste untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah di salin di sumber lain.
- Cut untuk memotong tulisan atau gambar yang diseleksi di dalam dokumen.
- Copy untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word.
- Font Style untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang diinginkan.
- Bold untuk membuat tulisan menjadi tebal.
- Italic untuk membuat tulisan menjadi miring.
- Underline untuk membuat tulisan bergaris bawah.
- abc untuk membuat tulisan coret.
- Superscript dan Subscripot X2 untuk membuat pangkat pada tulisan seperti kuadrat,meter persegi,kubik,dll.
- Font Size untuk merubah ukuran tulisan.
- A Style untuk membuat style atau gaya pada tulisan.
- Highlight Text untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen.
- Font Color untuk membuat warna huruf atau tulisan di dalam dokumen.
- Align Left untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri.
- Align Center untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah.
- Align Right untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan.
- Align Justify untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri.
- Shading Color untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen.
- Icon Tabel untuk membuat tabel secara manual.
- Bullets untuk membuat icon kecil disamping tulisan.
- Multilevel List untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering.
- Increase dan Decrease untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf.
- Sort untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka.
3. Menu Insert
- Cover Page untuk membuat cover halaman pada dokumen.
- Blank Page untuk menambahkan halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan.
- Page Break untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya.
- Table untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen.
- Picture untuk menambahkan gambar dari galeri komputer.
- Clipt Art untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010.
- Shapes untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung,segitiga,kubus,dll.
- SmartArt untuk membuat smartart seperti diagram batang,circle proses dll.
- Chart untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas.
- Screenshot untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat.
- Hyperlink untuk memasukkan link alamat website kedalam teks.
- Bookmark untuk menyimpan bagian dari dokumen yang dianggap penting.
- Header untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen yang dibuat.
- Footer sama seperti header,namun letaknya berada dibawah dokumen.
- Page Number untuk membuat nomor halaman pada dokumen.
- Text Box untuk membuat teks didalam kotak.
- Wordart untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik.
- Drop Cap untuk membuat tulisan seperti bentuk koran,dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar.
- Equation untuk menambahkan simbol metematika didalam dokumen.
- Symbol sama dengan fungsi equation.
4. Menu Page Layout
- Themes untuk membuat theme atau tema yang akan digunakan.
- Margins untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan digunakan.
- Orientation untuk mengatur mode kertas apakah portrait atau landscape.
- Size untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan.
- Column untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dolumen.
- Watermark untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat.
- Page Color untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background.
- Page Border untuk membuat bingkai halaman.
5. Menu Reference
a. Table of Contens digunakan untuk pengelolan daftar isi
- Add Text untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
- Update Table untuk memperbaruhi daftar isi.
b. Footnotes
- Insert Footnote untuk menyisipkan catatan kaki.
- Endnote untuk menyisipkan catatan di akhir bab,namundemikian cara penggunaannya sam,bila perintah endnote diklik,sistem akan membawa anda pada akhir bab dan mempersilahkan anda untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
- Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote.
- Show Notes untuk memperlihatkan lokasi catatan,baik footnote maupun endnote.
c. Citation&Bibliography
- Insert Citation untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
- Manage Sources untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
- Style untuk memilih bentuk biblography yang diinginkan.
- Biblography untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.
d. Captions
- Insert Captions untuk menambahkan keterangan seputar ilustasi atau gambar yang sudah disisipkan.
- Insert Table of Figures untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
- Update Table untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
- Cross Refence untuk menyisipkan referensi silang.
e. Index
- Mark Entry untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
- Insert Index untuk menyisipkan daftar kata ke dalam dokumen.
- Update Index untuk memperbaruhi daftar indexs terkini.
6. Menu Mailing
a. Create
- Enfelopes untuk membuat dan mencetak sampul pada amplop.
- Labels untuk menuliskan alamat dan nama.
b. Star mail merge
- Start Mail Marge untuk membuat surat.
- Select Resipients untuk memilih penerima surat.
- Edit Resipient List untuk mengatur penerima surat.
c. Write&Insert Fields
- Hailight Marge Fields untuk menyisipkan sebuah dokumen.
- Address Block untuk memilih surat.
- Greeting Line untuk menambah baris ucapan.
- Insert Merge Field untuk menyisipkan dan menggabungkan surat.
- Rules untuk memberikan garis bawah pada surat.
- Match Filds untuk membandingkan surat.
- Update Labels untuk memperbaruhi label surat.
d. Preview Results
- Preview Resuts untuk melihat hasil.
- Find Resifient untuk mencari penerima.
- Auto Check for Error untuk memeriksa kesalahan secara otomatis.
e. Finish
- Finish&Merge untuk mengetahui bahwa surat yang dibuat sudah lengkap dan bisa langsung dicetak secara otomatis.
7. Menu Review
a. Proofing
- Spelling untuk mengecek ejaan dan data bahasa.
- Research membuka panel penelitian referensi.
- Thesaurus sarana kata yang sepadan.
- Translate menerjemakan kata ke kata lain.
b. Comments
- New Comments untuk menambahakan komentar.
- Delete untuk menghapus komentar.
- Previous untuk memperlihatkan komentar sebelumnya.
- Next untuk memperlihatkan komentar selanjutnya.
- Show/Hide Comment untuk menampilkan/menyembunyikan komentar.
- Show All Comments untuk memperlihatkan semua komentar.
- Show Ink untuk memperlihatkan tinta pada keterangan kerja pada tinta.
c. Changes
- Protect Sheet untuk melindungi sheet.
- Protect Workbook untuk melindungi dokumen.
- Share Workbook untuk berbagi pakai dokumen.
- Protect and Share Workbook untuk melindungi dan berbagi buku kerja.
- Allow Users to Edit Ranges untuk mengizinkan seseorang untuk mengedit sebagian dokumen atau sheet yang dilindungi.
- Track Changes untuk melacak perubahan pada dokumen.
8. Menu View
Tidak ada komentar:
Posting Komentar